Friday 11 October 2024

Kabur Dulu ke Obyek Wisata Pura Ulun Danu Danau Beratan, Bedugul

Di hari pertama tiba di Bedugul. Semua anggota badan terasa pegal sekali. Sudah lama gak touring jauh. Sekali touring jauh, bawa anak-anak dan tujuannya ke Bedugul Bali. Usia gak bisa bohong, hahaha.

Tiba di penginapan sekitar jam lima sore. Kami habiskan waktu hingga senja dengan berjalan kaki sekitar penginapan. Melihat view Danau Bratan disertai kabut yang menyelimuti danau jelang senja tiba. Kondisi sore itu habis turun hujan. Burung-burung danau terlihat terbang  untuk pulang ke sarangnya. Syahdu bener !.

Setelah itu, balik ke glamping untuk rebahan di kasur yang empuk. Udara sudah mulai dingin. Gak lupa pakai jaket tebal dan topi kupluk. Saya urungkan untuk mandi sore saat itu. Kami semua hanya berganti pakaian saja biar gak masuk angin.

Untuk cerita perjalanan dari Lombok ke Bedugul, sudah saya tulis di postingan sebelumnya. Kalian bisa baca dulu biar nyambung dengan cerita ini.

Bisa baca disini ---> Pelayaran Pertama Bersama KMP Gemilang VIII

Semalaman kami tertidur sangat lelap. Hanya bangun tengah malam untuk buang air kecil di kamar mandi yang letaknya gak jauh dari kamar kami. Udara semakin dingin dan menusuk kulit. Untungnya ada selimut hangat yang disiapkan oleh penginapan.

Sedangkan anak-anak sangat lelap tidurnya. Sampai udara dinginpun gak dirasakan. Tapi saya dan istri tetap waspada. Khawatirnya mereka berdua terkena hipotermia. Maklum saja ini kedua kalinya saya dan istri ajak anak-anak menginap di tempat yang dingin. Sebelumnya kami pernah menginap di Desa Sembalun, Lombok Timur.

Sekitar jam enam pagi, saya pun terbangun karena dinginnya. Istri pun sempat menggigil kedinginan. Cek suhu di handphone, ternyata suhu saat itu sekitar 10 -16 derajat. Terasa tidur di dalam kulkas yang suhunya sekitar 2-8 derajat Celcius.

Untuk mengurangi rasa dingin, saya pun keluar glamping. Olahraga sejenak dengan lari-lari kecil sekitar penginapan. Lumayan berkeringat.

Setelah itu gerak-gerakan badan sambil memandang view Danau Bratan pagi itu. Menghirup udara pagi sangat menyejukkan di saluran pernapasan. Ini baru namanya udara bersih dan bebas dari polusi.

Sungguh indah dan kece. Fajar pun sudah terlihat di ufuk timur. Lampu-lampu rumah warga masih terlihat menyala. Suara rombongan burung yang habitatnya di Danau Bratan terdengar nyaring.

Gak lama, anak-anak pun terbangun dan istri juga ikutan bangun dan mereka keluar dari glamping menyusul saya yang sejak tadi nongkrong di pinggir danau.

Kami menikmati pagi itu dengan senyuman dan rasa bahagia. Bahagianya bisa kesini lagi bareng anak-anak. Curhat sedikit, dulu touring pertama saya dan istri sesudah menikah ya ke Danau Bratan. Jadi tempat ini punya kisah cinta kami berdua. Asyiik.

Setelah kami duduk di pinggiran danau. Kami menuju resto untuk sarapan. Untuk cerita penginapan dan menu sarapannya sudah saya tulis di postingan sebelumnya.

Bisa baca disini ---> Menginap Rasa Camping di Glamping Taman Danu Bedugul

Singkat cerita, Setelah sarapan, kami bersiap-siap untuk menuju ke lokasi pertama yang dituju yaitu Obyek Wisata Pura Luhur Ulun Danu. Lokasinya gak jauh dari penginapan.

Beberapa postingan tentang Pura Ulun Danu sudah pernah saya tulis beberapa tahun yang lalu. Jadi ini pengulangan saja dengan alur cerita yang berbeda. Dulu datang kesini bareng teman, kemudian berdua bareng istri dan sekarang berempat bareng anak-anak. Pastinya punya cerita yang berbeda. Fotonya saja beda, ya kan ? Hehehe.

Obyek Wisata Pura Ulun Danu ini merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal di Bali. Ratusan pengunjung baik domestik maupun mancanegara datang kesini setiap harinya.

Terletak di Danau Bratan yang merupakan salah satu danau terbesar yang ada di Bali selain Danau Batur, Buyan dan Tamblingan.

Danau Bratan disebut juga dengan sebutan Danau Gunung Suci. Danau ini memiliki luas sekitar 1.607,5 Ha. Danau ini juga dijadikan sebagai sumber mata air untuk irigasi persawahan di area danau.

Agak ketengah danau, dibangunkan sebuah pura suci oleh para petani setempat. Tujuannya agar selalu diberikan kesuburan, kemakmuran dan kesejahteraan.

Oleh warga desa setempat yang sebagian besar mata pencaharian sebagai petani ini, memberi nama pura tersebut yaitu Pura Ulun Danu (sumber : Wonderful Indonesia)

Pura Ulun Danu merupakan pura terbesar kedua di Pulau Bali setelah Pura Besakih. Keunikan dari pura ini ketika air danau pasang, maka akan terlihat pura seolah-olah terapung. Moment inilah yang menjadi daya tarik para wisatawan yang datang kesini.

Dari sejarah yang pernah saya baca, pura ini sudah dibangun sejak tahun 1556 Masehi. Menggambarkan kehidupan jaman Hindu Buddha pada kekuasaan Raja Mengwi I Gusti Agung Putu. Kemegahan dan keunikan dari pura ini menjadi daya tarik para wisatasan domestik maupun mancanegara untuk datang kesini.

Kalau boleh jujur, saya sudah kesini sejak umur empat tahun. Ketika itu alm.kakek saat itu bertugas di Denpasar. Diajak liburan kesini. Ketika itu suasana masih gak seramai sekarang. Gak nyangka kesini lagi bisa bareng istri dan anak-anak. Kenikmatan yang gak ternilai harganya.

Dari penginapan, kami motoran ke Pura Ulun Danu. Setelah memasuki area parkir, kami berjalan kaki menuju loket untuk membeli tiket masuk. Sekitar itu pukul 10.00 WITA, suasana obyek wisata sudah sangat ramai. Terlihat banyaknya bus-bus wisata yang terparkir. Belum mobil pribadi dan motor.

Setelah membeli tiket masuk seharga 40 ribu per orang dewasa, sedangkan anak-anak gratis, kami berjalan menuju area bangunan pura utama. Menyusuri taman yang tertata rapi penuh dengan bunga. Lalu berjalan di jalan setapak pinggiran danau. Terlihat banyak perahu-perahu kayu yang disewakan. Kali ini kami belum berminat untuk menaiki perahu.

Berjalan lagi mengitari bangunan pura utama, tibalah kami di bangunan iconik yang menjadi daya tarik wisatawan kesini. Disini kami berfoto-foto dulu. Sempat juga menggunakan jasa tukang foto yang dimana foto kami bisa dicetak dan bayar pastinya. Satu foto dikenakan biaya 20 ribu saja. Saat itu kami meminta dua buah foto saja yang dicetak. Buat jadi kenang-kenangan bila anak-anak sudah besar nanti.

Gak jauh dari area bangunan pura, kami beristirahat sejenak di sebuah taman penuh dengan bunga berwarna-warni. Indah bener sampai Adeq Nala suka duduk disini. Mau main sama bunga-bunga katanya.

Untungnya cuaca saat itu cerah. Meskipun sedang terik-teriknya, tapi udara disini cukup dingin. Kami habiskan waktu untuk menikmati danau saja sambil melihat beberapa wahana yang cukup baru. Dulu pas kesini, belum ada wahan ini. Penasaran pastinya. Disini juga banyak tersedia kedai dan cafe. Gak khawatir kelaperan disaat berkeliling area pura.

Setelah berkeliling sekitaran pinggir danau, kami berjalan ke area taman. Berhubung sinar matahari sangat terik meskipun disini udaranya sejuk. Kami berteduh di bawah deretan pohon Cemara yang jumlahnya puluhan.

Rumput area taman juga sangat terawat. Terlihat hijau dan rapi sekali. Di beberapa spot, ada tersedia kursi panjang untuk bersantai.

Jalan setapak yang dibuat untuk pejalan kaki apabila kita ingin bersantai sejenak sambil melihat beberapa tanaman hias dan bunga-bunga indah.

Banyak sekali jenis tanaman dan bunga yang dapat kita jumpai disini. Salah satu yang menarik buat dikunjungi yaitu area tanaman kaktus.

Uniknya disini, kami harus memasuki mulut patung dinosaurus. Di dalam bangunan dinosaurus banyak dijumpai jenis tanaman kaktus. Dari kaktus yang sering kita jumpai di area perumahan sampai kaktus jenis langka.

Anak-anak senang sekali disaat berada di area ini. Senangnya karena keluar masuk mulut patung dinosaurus. Area disini juga gak terlalu ramai pengunjung. Jadinya agak bebas aksesnya. Jalan keluar area tanaman kaktus melewati bagian ekor, tibalah kami di kolam ikan yang berukuran cukup besar.

Disini kami bisa melihat jenis ikan hias seperti Koki, Koi dan lainnya. Anak-anak kecil lainnya banyak juga bermain di area kolam ikan ini.

Setelah mengelilingi Pura Ulun Danu, menikmati Danau Beratan dan berkeliling taman, tibalah waktunya kami untuk balik ke penginapan sambil mencari makan siang.

Berjalan ke arah pintu keluar, kami menjumpai wahan bermain. Disini ada perosotan, ayunan, dan lainnya. Anak-anakpun minta main sebentar disini dulu. Emang ya anak-anak gak ada capeknya. Sudah pegel nih kaki. Mana laper juga, hehehe.

Setelah puas bermain, kami keluar dari obyek wisata Pura Ulun Danu. Tadinya mau lanjut ke Kebun Raya Bedugul. Tapi berhubung sudah jam tidur siangnya anak-anak, kami memutuskan untuk balik ke penginapan.

Pastinya siang gene enak kali ya tidur siang di glamping sambil memandang Danau Bratan.

Buat kalian yang ada rencana liburan ke Lombok atau Bali menggunakan jasa travel agent. Nih saya kasi akun resmi website dari Lombok Zehra Trans.

Linknya bisa kalian kunjungi disini ----> Paket Liburan Lombok Zehra Trans

Mari kita tidur siang ! Ceritanya lanjut di postingan berikutnya ya. Bocorannya, cerita tentang perjalanan balik ke Lombok. Naik kapal apa, ditunggu saja ya !.

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

5 comments:

1. Wah di sana udara dingin ya
    Jakarta lumayan panas di atas 33 derajat celscius
    Tempatnya indah sekali
    Harga tiketnya juga murah
    Jasa cetak photo nya juga murah tidak main ketok Harga
    Photonya hebat

Replies
    1. Dingin sekali cz penginapannya berada di bawah bukit.

Delete
  2. kudu sedia jaket tebel ya kalau ke daerah Bedugul, ngebayangin dinginnya kayak apa. Di Malang aja menurutku kalau pas lagi puncaknya cuaca dingin, bisa bikin gigiku gemetaran gitu.
    Aku sendiri belum pernah ke pura ulun Danu ini, sebenernya penasaran dari dulu, cuman kadang kalau aku pas ke Bali memilih destinasi yang lain dulu

Replies
    1. Destinasi favorit klo ke Bali ya ke Bedugul. Seneng di tempat adem soalnya hehehe

Delete
  3. nyesel ih dulu ga ke danau beratan ini.... padahal pas zaman kerja hampir tiap tahun ke bali krn outing kantor selalu kesana. baca cerita mas, yg kalo pagi suhu nya bisa 10-16 dercel, ya ampuuuun langsung sukaaaaaa, tempat dingin begini memang favoritku dari dulu...

anak2 itu biasanya lebih kuat dingin mas.. dulu aku juga mikir pas ajakin anak ke daerah salju di Tokyo dan Seoul, kirain mereka ga bakal kuat dingin, tapi ternyata di suhu minus pun mereka kuat ternyata. mungkin krn mereka aktif kali yaa, jadi dengan energi mereka malah anget :D

pengeeen juga ajak anak2 glamping ke danau beratan iniii. pasti suka merekaaa.. apalagi blm pernah aku ajakin ke bali ;p