Tuesday 30 July 2024

Ngopi Santai di Sato Coffee Lombok


Buat yang lagi berobat atau habis menjenguk keluarga yang sedang sakit di Rumah Sakit Universitas Mataram (RS Unram), kalian bisa bersantai sejenak sambil ngadem di salah satu kedai kopi yang instagrammable. Namanya Sato Coffee. 


Lokasinya berada persis di seberang Rumah Sakit Unram, tepatnya di Jalan Majapahit no. 4, Kota Mataram. 


Tempat ngopi ini sudah lama buka, sekitar pertengahan tahun 2021 atau disaat dunia masih dilanda wabah Covid-19. 


Hari itu saya dilanda kegabutan. Rasanya boring banget dengan rutinitas yang itu-itu saja. Pengen meluangkan waktu untuk refresing sejenak sambil cuci mata. 


Buka-buka instagram, terpintas akun dari kedai kopi ini. Lihat-lihat menu dan tempatnya, sepertinya oke banget buat nongki dulu disini pas pulang kerja. 




Kebetulan juga satu arah dengan rumah orang tua di Ampenan karena anak istri sedang menjenguk bapak ibu yang sedang kurang sehat. Jadinya saya pulang kantor, jemput mereka di Ampenan. 


Jadilah saya seorang diri gak ada yang menemani buat ngopi sendiri. Teman cowok kebetulan masih pada sibuk dengan dunia kerjaannya masing-masing. Mau ajakin temen cewek, entar yang ada Perang Dunia ketiga di rumah. Sedihnya gak dapat jatah ngopi bareng istri lagi,hehehehe. 


Kurang lebih lima menit dari kantor, saya sudah sampai di depan parkir Sato Coffee. Suasana sore itu gak begitu ramai. Hanya ada beberapa orang saja. Itupun anak-anak kuliahan yang sedang ngerjain tugas kuliah. 


Ada juga yang berduaan nongkrong sambil saling suap cemilan. Liat mereka, jadi ingat masa-masa dekat bareng istri pas masih jadi pacar dulu. Tapi pas dulu gak sampai suap-suapan alias masih jaim (malah curhat). 




Setelah memarkirkan motor. Saya menuju ke dalam sebuah bangunan dengan dinding kaca yang ukurannya gak begitu besar. Mirip-mirip perumahan jaman sekarang lah besarny tipe 21 gitu. Konsep bangunannya ke arah industrial. 


Untuk meja kursinya banyak pilihan. Ada di dalam dan di luar. Kebetulan saya pilih duduk di luar saja. Pas di depan bangunan kaca tadi. 


Ada juga tempat duduk di bagian belakang bangunan ini. Keliatannya sih tempat ini bekas rumah biasa yang disulap menjadi tempat nongkrong. 


Biar menambah kesan industrial, dipercantik dengan tanaman-tanaman hias di sekitar kedai kopinya. Taman mini yang kece buat kita nyaman buat berlama-lama disini. 


Buat kalian yang pengen nongkrong sambil kerja buka laptop atau meeting, bisa banget disini. Tempatnya agak luas di area belakang cafenya. Buat yang pertama kali ngajak gebetan ngedet, juga cocok banget disini. Jangan lupa bawa dompet atau m-banking ya !.


Meskipun saya sendirian, gak masalah. Saya merasa nyaman saja. Duduk sambil melihat sekitar. Banyak ide-ide yang keluar. Besok mau kesana, mau ngapain minggu depan. Mau dimasakin apa sama istri, entar malam pakai gaya apa bareng istri, eh...hahahaha. Semuanya hayalan dan rencana keluar semua. 



Saya memesan satu gelas Es Kopi Susu Kayu Manis dan seporsi cemilan Resole.  Kali ini niat gak makan berat. Sore-sore gene emang cocoknya minum es kopi susu dengan cemilan ringan. 


Masnya yang menjadi karyawan kedai kopi ini sangat ramah. Pelayanannya juga cepat. Saya gak lama menunggu orderan yang dipesan. Bahaya kalau lama, nanti anak istri juga lama nunggu ayahnya pulang kantor.


Buat kopi susu kayu manisnya menurut saya pas di lidah. Gak istimewa dan gak biasa saja. Cocok lah diminum sambil nongkrong, kerja buka laptop atau ngobrol bareng temen.  


Enaknya kayu manisnya sangat terasa sekali. Agak terasa hangat di tenggorokan. Salah satu manfaat kayu manis yang saya tau untuk kesehatan yaitu dapat mencegah panas dalam dan masuk angin. Manfaat lainnya sebagai penyedap rasa makanan agar makanan terasa nikmat dimakan. 




Kalau untuk cemilannya, saat itu saya pesan Resole satu porsi. Seporsi isinya dia buah Resole yang ukurannya cukup besar. Pas banget dimakan untuk satu orang. 


Rasanya juga cukup enak. Isiannya ada potongan sayur-sayuran, wortel, kentang dan mayones. Apalagi dicocol dengan sambal tomat. Lezat sekali. 


Untuk cemilan lainnya belum sempat saya coba karena baru sekali nongki disini. Next time pengennya datang nongki kesini lagi. Setelah beberapa bulan datang kesini, kedai kopinya masih buka dan cukup ramai di malam hari. 


Baik minuman dan makanannya, harganya sangat ramah di kalangan mahasiswa. Gak khawatir teratir ngopi teman atau gebetan, hehehe. 


Lampu-lampu hias menambah kesan kece dari kedai kopi ini. Semoga saja kedai kopi ini tetap eksis di tengah persaingan kedai kopi yang sedang menjamur di Kota Mataram dan sekitarnya. 


Ohya, untuk daftar menu dan harga lebih lengkapnya kalian bisa berkunjung ke akun Instagram Sato Coffee ya. Ini linknya ignya :  @satocoffee_ 


Buka setiap hari, dari pukul 9 pagi sampai 11 malam. Over all, pelayanannya baik dan tempatnya sangat nyaman sekali. 


Penulis : Lazwardy Perdana Putra


4 comments:

  1. tampak dari bangunan depannya, cafenya terlihat estetik dan dominan warna putihnya bikin terlihat bersih dan luas
    termasuk lama juga cafe sato ini, pas zaman covid, cuman waktu ke Lombok 2022 lalu ga sempet explore banyak cafe disana. Next time mau kulineran antar cafe kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak tempat nongkrong dan kuliner disini mbak. Kabari saja klo k Lombok lg hehehe

      Delete
  2. Hahahahha aku pun zaman pacaran walo sering makan di macem2 tempat, tp ga kepikiran suap2an mas 🤣. Kayak geli gitu aja hihihihi.

    Beuuugh kopi susu pakai kayu manis itu juaraaaa sih😍😍😍. Pernah coba dan memang enaaak. Wangi cinnamon itu aku selalu suka soalnya.

    Risol nya juga kliatan enak nih. Yg penting isian dalamnya ga pelit 😄🤤

    ReplyDelete
  3. Wow, ada Sato Coffee yang nyaman di Lombok! Menikmati kopi susu kayu manis dan seporsi risoles isi 2 mantap nih. Tinggal makan beratnya aja deh hihihi. Suasananya santai dan agak sepi saat itu ya mas.

    ReplyDelete